Adakan Book Fair Visit, Anggota Bima Mesir : Ini Hal Yang Harus Dilestarikan

Dalam rangka membuka kegiatan pasca ujian termin, keluarga BIMA MESIR mengadakan rihlah ke ma’ridh bersama mahasiswa/i baru kedatangan tahun 2023. Guna menambah wawasan dan pengalaman mereka akan kitab-kitab turots atau buku yang dijadikan rujukan saat kuliah di Universitas Al-Azhar.

Cairo International Book Fair (CIBF) atau ma’ridh merupakan pameran buku yang ada di Kairo, tepatnya di kota Nasr City, dan menjadi pameran buku terbesar ke-2 di dunia setelah Frankfurt Book Fair di Frankfurt, Jerman. Dikatakan juga, bahwasannya ma’ridh seperti surga bagi mahasiswa asing dan penduduk asli Mesir, karena didalamnya banyak sekali koleksi buku-buku dari berbagai negara berkumpul menjadi satu di Cairo International Book Fair (CIBF).

Pameran buku ini berlangsung selama 2 pekan saja disetiap tahunnya, mulai dari akhir Januari hinga awal Februari. Tak heran jika ma’ridh menjadi pusat perhatian dan selalu ramai oleh para pengunjung yang sekedar ingin tahu atau ingin memborong kitab-kitab dengan cetakan berkualitas dan harga yang relatif terjangkau.

Ma’ridh bukan sekedar pameran buku yang berisi kitab-kitab turots dari para ulama terdahulu. Lebih dari itu, beragam jenis buku yang tersedia di stand-stand memberi kesan pengetahuan disetiap jengkalnya. Tak cukup perihal agama, biografi, sejarah, pengetahuan umum, novel romansa, bahkan komik pun ikut hadir memanjakan mata. Walaupun menggunakan bahasa asing, tetap saja para pengunjung tertarik akan wawasan baru yang tersimpan didalamnya.

Begitu mengesankan ma’ridh yang berlangsung disetiap tahunnya, pengunjung yang hadir tak pernah mengenal musim. Di suhu berapapun, sedingin apapun mereka tetap bersemangat untuk mengunjungi pameran ini.

Cairo, 4 Februari 2024

Lainnya dari Joglo Mesir

DESAKRALISASI AL-AZHAR

“Ujian di Azhar itu bukan seperti ujian biasa, banyak orang disini yang sudah merasa paham dan siap untuk ujian, namun

Bagikan